Kamis, Juni 03, 2010

Ngompol karena adanya tekanan ??

Banyak orang tua mengeluh karena anaknya yang sudah besar masih ngompol saja. Ngompol adalah salah satu dari gejala gangguan jiwa, ada yang hanya malam hari, ada juga yang siang hari. Seharusnya dalam pertumbuhan anak, makin besar makin makin dapat menguasai dirinya dan mengatur bila dan dimana ia harus buang air. Akan tetapi sering terjadi bahwa anak yang tadinya sudah dapat menahan dan mengaturnya, kemudian berubah atau tidak dapat mengaturnya sampai usia belasan tahun, masih ngompol saja. Biasanya hal ini terjadi, sebagai akibat dari gangguan jiwa, tekanan perasaan, atau ingin diperhatikan. Anak yang dimanjakan dan jadi pusat perhatian ibu bapak, berubah menjadi kurang diperhatikan oleh karena adiknya sudah lahir.

Ketidakpuasan si anak atas perlakuan orang tua yang berubah itu, akan menyebabkan ia gelisah dan merasa tertekan, disamping ingin kembali mendapat perhatian seperti dulu. Maka terjadilah secara tidak sadar. Ia buang air kecil sewaktu tidur. Dan mungkin pula yang menderita itu anak yang kecil, karena merasa bahwa kakak-kakaknya lebih mendapat perhatian.

Contoh :

Seorang anak laki-laki berumur 11 tahun, masih ngompol tiap malam, tidak bisa diobati, tidak bisa di marahi, dipukul, di nasehati dan sebagainya. Semuanya tidak ada yang mempan baginya. Disamping ngompol ia juga malas ke sekolah, tidak mau belajar, dan bodoh. Kelakuannya pun nakal, adik-adiknya selalu diganggunya, disamping keras kepala, tidak mau ditegur dan dinasehati.

Dalam penelitian terbukti bahwa orang tua selalu melebihkan dan memuji kakaknya, yang dikatakan pintar, rajin, baik dan sebagainya. Disamping itu orang tua sering memukul dan memarahi anak ngompol itu, karena merasa segala macam keburukan menumpuk pada dirinya seperti pemalas, bodoh, nakal dan ngompol. Dengan memukul dan memarahi itu, diharapkan kelakuannnya itu berubah. Akan tetapi ternyata kelakuan dan penyakitnya bertambah.

Setelah melalui perawatan dan meyakinkan orang tuanya untuk merubah tindakan serta sikapnya terhadap anaknya itu. Maka gejala-gejala tersebut hilang ia tidak nakal lagi, rajin belajar, tidak ngompol, bahkan tergolong anak yang pandai di kelasnya. Jadi ngompol dalam hal ini adalah sebagai akibat dari rasa tidak puas, tapi perasaan itu tidak dapat diungkapkannya sehingga jiwanya menjadi tertekan.

Tidak ada komentar:

Tentang Chy

Foto saya
Chyntia Harli Berjilbab Kelahiran 1990 & Ship Kuda @ChynHrl Facebook.com/chyntia.harl