Selasa, Maret 22, 2011

Peranan Matematika Dasar Dalam Psikologi

Mata kuliah di psikologi tidak hanya mempelajari perilaku dan masalah manusia, ada juga materi tentang hitungan. Hitungan yang terdapat di psikologi adalah matematika dasar atau sama dengan statistika. Di mana mata kuliah Hitungan tersebut mempunyai peranan yang penting dalam psikologi, karena dalam memproses data dari hasil penelitian harus menggunakan hitungan dengan rumus yang telah ditentukan. Dengan begitu, para peneliti dapat dengan mudah menyimpulkan hasil dari penelitian yang dilakukannya.

Psikologi adalah  ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Matematika dasar atau Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas (www.wikipedia.com)

Di bawah ini terdapat penjelasan dari beberapa istilah statistika, yaitu :
  • Populasi. ---> wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditentukan oleh penbeliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Anggota Populasi disebut elemen populasi. Penentuan populasi berbeda dengan unit analisis. Unit analisis bisa pada tingkat individual, kelompok atau organisasi.
  • Sampel. ---> sebagaian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Makin besar jumlah sampel mendekati populasi, maka peluang kesalahan generalisasi semakin kecil, dan begitu juga sebaliknya.
  • Unit Sampel. ---> suatu elemen atau sekelompok elemen yang menjadi dasar untuk dipilih menjadi sampel. Pemilihan sampel dapat dilakukan satu tahap atau beberapa tahap.
  • Probabilitas. ---> Disebut juga Peluang atau kebolehjadian. Cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika.
 Jadi, Matematika dasar dalam ilmu psikologi adalah untuk mengukur suatu sampling dalam penelitian dengan menggunakan rumus agar diketahui hasilnya dan hasil tersebut digunakan untuk mengetahui tingkatan perilaku individu dalam penelitian itu agar dapat ditarik kesimpulannya.

Tidak ada komentar:

Tentang Chy

Foto saya
Chyntia Harli Berjilbab Kelahiran 1990 & Ship Kuda @ChynHrl Facebook.com/chyntia.harl