Rabu, Mei 12, 2010

Simptom RETT ,,CEK this posting !!

Gejala munculnya gangguan RETT sifatnya variatif, anak A beda dengan B gejala yang timbul. Gejala RETT biasa terjadi pada bayi; kenampakan gejala gangguan RETT ada yang secara langsung tampak dan ada yang tampak di kemudian harinya.

Ada beberapa stage dari gejala/simptom gangguan RETT, yakni :

Stage I.
Gangguan pada umur bayi 6-8 bulan. Ciri-ciri : tidak adanya kontak mata bayi dengan ibu/ayah/orang terdekat, kehilangan minat untuk bermain dengan mainan, keterlambatan merangkak dan duduk.
Stage II.
Gangguan mulai tampak pada umur 1-4 tahun. Ciri-ciri : kesulitan untuk berbicara, cenderung untuk mengulang perbuatan yang sama, suka menangis/menjerit tanpa ada sebab, hambatan dalam berjalan.
Stage III.
Gangguan timbul sekitar umur 2-10 tahun. Ciri-ciri : Sering menjerit dan menangis tanpa sebab, hambatan dalam komunikasi non-verbal.
Stage IV.
Tahap gangguan ini merupakan lanjutan dari stage sebelumnya, gejala yang muncul pada usia relatif terutama pada ebilitas (kemampuan) mobilitas diri. Gangguan yang muncul berupa gangguan komunikasi, kesulitan dalam memahami bahasa, gangguan psikomotorik pada tangan. Penderita gangguan Rett terlihat lemah dan beberapa diantaranya didiagnosa mengidap scoliosis. Beberapa fakta, pada tahap ini terjadinya penurunan perilaku mengulang ―bermain-main jari-jari tangan seperti mencuci.
Banyak pasien dengan gangguan Rett meninggal secara tiba-tiba pada saat tidur. Diperkirakan adanya kerusakan syaraf otak yang berhubungan dengan sistem pernafasan., kondisi ini disebut dengan sudden infant death syndrome (SIDS). Rata-rata usia pasien dengan sindrom Rett dapat bertahan hidup 40-50 tahun. Hampir keseluruhan hidup pasien membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Tidak ada komentar:

Tentang Chy

Foto saya
Chyntia Harli Berjilbab Kelahiran 1990 & Ship Kuda @ChynHrl Facebook.com/chyntia.harl