Jumat, Oktober 16, 2009

Statistika dalam Psikologi

Mata kuliah statistika dalam fakultas psikologi mempunyai cukup peran untuk mengolah data kualitatif dari suatu penelitian, menurut saya. Dalam pendahuluan statistika pada semester 2 di fakultas psikologi disebutkan beberapa pengenalan dasar statistika untuk psikologi yang disebutkan Bu Suzanna Lamria Siregar yaitu Distribusi Frekuensi, Ukuran statistika, Probabilitas, Distribusi teoritis,Tren sekuler linier, dan Angka indeks.

Salah satunya pengertian dari Distribusi frekuensi adalah Pengelompokkan data dalam beberapa kelas sehingga ciri-ciri penting data tersebut dapat segera terlihat. Frekuensi itu sendiri adalah banyak permunculan data. Distribusi frekuensi suatu materi untuk menghitung banyaknya data dari suatu penelitian/observasi. Terdapat beberapa rumus untuk mendapatkan hasil dari data dalam penelitian. Hasil penghitungannya dapat ditampilkan dalam histogram, diagram balok, dan poligon agar dapat terlihat frekuensinya atau banyaknya data yang telah dihitung.

Dapat dilihat dan dipahami, statistika dalam ilmu psikologi cukup memiliki peran dalam pengolahan data kualitatif dari suatu penelitian/observasi. Untuk mengolah data dan menghitung data dari observasi yang dilakukan dapat menggunakan cara distribusi frekuensi, atau mencari suatu peluang dari materi probabilitas, dan Ukuran statistika untuk mencari mean, modus, median, kuartil, desil, presentil, dlll; begitu dengan materi-materi lainnya dalam statistika. Apabila dipelajari dengan seksama, sungguh sangat bermanfaat untuk kita sebagai mahasiswa/i fakultas psikologi dalam hal mengolah data dari suatu observasi. Sudah mempunyai suatu takaran atau patokan dalam menghitungnya, jadi hasil dari data observasi tidak akan salah terkecuali human error dalam penghitungannya.

Statistika tidak hanya pada mata kuliah ekonomi, Tekhnik informatika saja tapi juga di psikologi dan cukup bermanfaat dalam pengolahan data. Semoga mahasiswa/i fakultas psikologi termasuk saya, dapat mengerti lebih seksama dalam menggunakan rumus-rumus dari mata kuliah statistika dan dosen dapat menjelaskannya dengan baik.

by.Chyntia Harli 10508045 2PA05

Tidak ada komentar:

Tentang Chy

Foto saya
Chyntia Harli Berjilbab Kelahiran 1990 & Ship Kuda @ChynHrl Facebook.com/chyntia.harl