Rabu, April 14, 2010

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam hal penanggulangan Disgrafia

Mengidentifikasi masalah disgrafia, terdiri dari:

masalah penggunaan huruf kapital,
ketidakkonsistenan bentuk huruf,
alur yang tidak stabil (tulisan naik turun), dan
ukuran dan bentuk huruf tidak konsisten.


Menentukan ZPD pada masing-masing masalah tersebut.
ZPD untuk kesalahan penggunaan huruf kapital.
ZPD untuk ketidakkonsistenan bentuk huruf.
ZPD untuk ketidakkonsistenan ukuran huruf.
ZPD untuk ketidakstabilan alur tulisan.


Merancang program pelatihan dengan teknik scaffolding. Teknik scaffolding dalam pelatihan ini meliputi tahapan sebagai berikut.
Memberikan tugas menulis kalimat yang didiktekan orang tua/guru.
Bersama-sama dengan siswa mengidentifikasi kesalahan tulisan mereka.
Menjelaskan mengenai pelatihan dan ZPD masing-masing permasalahan.
Menjelaskan kriteria penulisan yang benar dan meminta anak menyatakan kembali kriteria tersebut.
Memberikan latihan menulis dengan orang tua/guru memberikan bantuan.
Mengevaluasi hasil pekerjaan siswa bersama-sama dengan anak.
Memberikan latihan menulis dengan mengurangi bantuan terbatas pada kesalahan yang banyak dilakukan anak.
Mengevaluasi hasil pekerjaan bersama-sama dengan anak.
Memberikan latihan menulis tanpa bantuan orang tua/guru.
Mengevaluasi pekerjaan anak.

Pelatihan tersebut diulang-ulang pada tiap-tiap kesalahan disgrafia yang dialami anak hingga terdapat perubahan.

Tidak ada komentar:

Tentang Chy

Foto saya
Chyntia Harli Berjilbab Kelahiran 1990 & Ship Kuda @ChynHrl Facebook.com/chyntia.harl